Tidak sedikit orangtua yang mencemaskan kekidalan anaknya.
Hal ini terkait dengan masalah kesopanan yang menandakan tangan kiri
sebagai "tangan jelek", sedangkan tangan kanan adalah "tangan manis".
Jadi hal tersebut lebih pada budaya dan pandangan masyarakat di timur,
terutama negeri kita. Tangan kiri juga identik dengan tangan yang
digunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kotor, sehingga
dianggap tidak sopan untuk digunakan.
Kidal atau tidaknya seorang anak akan terlihat jelas saat usia prasekolah, karena di usia ini perkembangan motorik tangan seperti memegang, mengambil, melempar dan sebagainya sudah matang dan mantap. Selain itu, kecenderungan dan keluwesan penggunaan tangan pun sudah lebih terlihat, sehingga pada anak kidal akan tampak bila penggunaan tangan kirinya lebih baik dibandingkan jika menggunakan tangan kanan. Kidal atau tidaknya seorang anak biasanya akan menjadi permanen pada usia 6 tahun.
Kidal atau tidaknya seorang anak akan terlihat jelas saat usia prasekolah, karena di usia ini perkembangan motorik tangan seperti memegang, mengambil, melempar dan sebagainya sudah matang dan mantap. Selain itu, kecenderungan dan keluwesan penggunaan tangan pun sudah lebih terlihat, sehingga pada anak kidal akan tampak bila penggunaan tangan kirinya lebih baik dibandingkan jika menggunakan tangan kanan. Kidal atau tidaknya seorang anak biasanya akan menjadi permanen pada usia 6 tahun.
Kemampuan
anak menggunakan tangan kiri ini berkaitan dengan fungsi otak kanan dan
otak kiri yang sudah terprogram sejak anak berada dalam kandungan,
walaupun nantinya lingkungan juga dapat mempengaruhi hal tersebut. Otak
kiri berfungsi untuk mengatur kemampuan berbahasa, kemampuan membaca,
berbicara, menulis dan segala sesuatu yang berkaitan dengan tata bahasa.
Sedangkan otak kanan berfungsi untuk mengatur kemampuan kreativitas dan
persepsi, pengenalan dimensi ruang dan situasi, kewaspadaan, serta
perhatian dan konsentrasi atau yang dikenal dengan kemampuan matematik.
Anak
kidal mengalami perkembangan otak kanannya lebih baik, begitu pun
sebaliknya. Sebaiknya orangtua jangan memaksa anak kidal untuk memakai
tangan kanan, karena akan membuat aktivitas otak sebelah kanan
terhambat. Jika dipaksakan, bisa-bisa sang anak malah akan mengalami
gangguan daya ingat, hilang konsentrasi, stres, emosi terganggu hingga
gangguan bicara.
Sebagai
orangtua, kita juga sebaiknya tidak mempermasalahkan keadaan anak kita
yang kidal. Hindari juga menjuluki anak kita dengan "si kidal" karena
hal tersebut akan berefek buruk pada konsep dirinya saat menyadari
perbedaannya dengan anak-anak pada umumnya. Jika itu dilakukan, nantinya
sang anak akan memiliki rasa malu dan rendah diri yang akan mencapai
puncaknya pada masa remaja.
Jika
kita menemukan anak-anak yang tertekan karena dia kidal, cobalah
membantunya dengan memberi pengertian pada orangtuanya bahwa tidak ada
yang salah dengan anak kidal. Atau jika perlu, langsung saja bantu sang
anak untuk mengatasi ketertekanannya dengan memberikan beberapa contoh
tokoh dunia yang sukses walaupun dia kidal seperti Pablo Picasso,
Benjamin Franklin, Wolfgang Amadeus Mozart, Leonardo da Vinci, sampai
"raja komputer" Bill Gates. Meskipun mereka kidal, mereka mampu sukses melebihi orang-orang normal.
Anak
melakukan semua kegiatan dengan tangan kirinya. Anda berpikir akan
lebih baik bila ia juga terampil menggunakan tangan kanannya. Anda bisa
melatihnya, tapi jangan dengan cara dipaksa.
Tanda anak kidal. Sejak bayi, si kidal dapat kita kenali. Syaratnya, anak harus aktif. Semakin aktif tangannya bereksplorasi, semakin mudah mengenali keadaannya. Di usia sekitar 2 tahun, paling tidak, tanda-tanda kekidalannya tak dapat ditutup-tutupi. Anak kidal melakukan semua kegiatan dengan tangan kiri. Refleks tangan kirinya pun lebih cepat dibanding tangan kanannya.
Sylvia Weber, penulis dan kepala sebuah lembaga konsultasi khusus untuk orang yang kidal di negara bagian Bavaria, Jerman, menyebutkan bahwa kidal adalah fenomena yang muncul secara herediter, diwariskan. Meskipun fenomena ini alami terjadi namun, dalam kultur timur seperti di Indonesia, anak kidal bisa menemui masalah.
Yang terjadi adalah pengulangan bagi anak kidal. Maka ia harus mengulang dengan tangan kanannya. Akibatnya, tak jarang, selain unik karena kidal, perkembangan rasa percaya diri anak kidal pun bisa terhambat.
Tak jarang anak kidal juga terampil melakukan sesuatu dengan tangan kanannya. Anak yang terampil menggunakan tangan kiri dan sekaligus kanan memang lebih beruntung.
Jangan dipaksa. Anak-anak kidal sering dianggap anak yang tidak sopan karena, misalnya, selalu lupa bersalaman dengan tangan kanan. Padahal, menurut Weber yang juga ahli biologi, dominasi tangan kiri memberi tanda bahwa aktivitas otak sebelah kanan lebih dominan. Demikian juga sebaliknya, dominasi aktivitas otak bagian kiri menandakan tangan kanan si kecil lebih kuat, lebih dominan.
Tanda anak kidal. Sejak bayi, si kidal dapat kita kenali. Syaratnya, anak harus aktif. Semakin aktif tangannya bereksplorasi, semakin mudah mengenali keadaannya. Di usia sekitar 2 tahun, paling tidak, tanda-tanda kekidalannya tak dapat ditutup-tutupi. Anak kidal melakukan semua kegiatan dengan tangan kiri. Refleks tangan kirinya pun lebih cepat dibanding tangan kanannya.
Sylvia Weber, penulis dan kepala sebuah lembaga konsultasi khusus untuk orang yang kidal di negara bagian Bavaria, Jerman, menyebutkan bahwa kidal adalah fenomena yang muncul secara herediter, diwariskan. Meskipun fenomena ini alami terjadi namun, dalam kultur timur seperti di Indonesia, anak kidal bisa menemui masalah.
Yang terjadi adalah pengulangan bagi anak kidal. Maka ia harus mengulang dengan tangan kanannya. Akibatnya, tak jarang, selain unik karena kidal, perkembangan rasa percaya diri anak kidal pun bisa terhambat.
Tak jarang anak kidal juga terampil melakukan sesuatu dengan tangan kanannya. Anak yang terampil menggunakan tangan kiri dan sekaligus kanan memang lebih beruntung.
Jangan dipaksa. Anak-anak kidal sering dianggap anak yang tidak sopan karena, misalnya, selalu lupa bersalaman dengan tangan kanan. Padahal, menurut Weber yang juga ahli biologi, dominasi tangan kiri memberi tanda bahwa aktivitas otak sebelah kanan lebih dominan. Demikian juga sebaliknya, dominasi aktivitas otak bagian kiri menandakan tangan kanan si kecil lebih kuat, lebih dominan.
Tak jarang anak kidal yang mengalami hal ini terganggu ingatan dan perkembangan rentang konsentrasinya. Bahkan, mengalami gangguan bicara dan orientasi, jelas Weber.
Aturlah semua di tengah. Kalau batita Anda ternyata kidal, terimalah dengan lapang dada. Pada kenyataannya penggunaan tangan kanan dan tangan kiri pada si kecil dapat dilatih.
Cara termudah melatih keterampilan menggunakan tangan kanan pada si kidal adalah dengan menempatkan benda-benda yang biasanya dipegangnya dengan tangan kiri, ke tengah. Misalnya, letakkan sendok makan di tengah piring. Demikian juga kudapan favorit dan benda kesayangan seperti kukis atau pensil warna. Dengan demikian anak akan terdorong untuk meraih dengan tangan kanan, ungkap Weber, ibu dari dua gadis cilik yang juga kidal seperti dirinya.
Tak perlu ragu memberikan pujian saat si kidal mulai terampil dan sigap menggunakan tangan kanannya. Memang perlu waktu untuk melatih si batita. Namun, asalkan Anda peka dan sigap memberikan penanganan, Anda masih punya banyak waktu untuk melatih keterampilan ini hingga anak masuk sekolah. Saat mana ia mulai dituntut aktif menggunakan kedua tangannya dengan terampil. (fn/mh/ab) www.suaramedia.com
0 komentar:
Post a Comment